Bersepeda meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat ini olahraga bersepeda semakin digemari dan sudah menjadi tren. Selain dapat meningkatkan kebugaran, bersepeda juga dijadikan sarana bersosialisasi. Bersepeda secara teratur diketahui dapat meningkatkan kesehatan tubuh seperti 10 tahun lebih muda. Bahkan menurut British Heart Foundation, bersepeda sekurangnya 20 mil per-minggu juga membantu mengurangi resiko penyakit jantung lebih dari 50% dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga apapun. Namun dengan catatan selama bersepeda anda tidak merokok atau mengkonsumsi makanan berlemak.

Selain itu bersepeda rutin selama minimal 30 menit akan mengakibatkan terbakarnya trigliserin, yaitu zat di tubuh yang menjadi bahan bakar kolesterol dan menyebabkan tubuh menjadi gemuk.
Bersepeda juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk terapi dan rehabilitasi penderita sakit jantung. Dan, yang perlu diketahui pula, bersepeda secara teratur seperti layaknya olahraga aerobik lainnya, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Maka, orang yang rutin melakukan olahraga ini jarang sekali terkena sakit, apalagi semacam flu. Karena dapat merangsang pembentukan antibodi di tubuh
Sebuah studi di Denmark di tahun 2000 bahkan menyebutkan bahwa olahraga bersepeda bisa mengurangi resiko kematian hingga 40 persen pada seseorang! Jadi, mari kita bersepeda!

Sumber: dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

 

Template by NdyTeeN | Blogger